about us

Special History moment

    1
GAMBARAN UMUM

Kantor Akuntan Publik Jojo Sunarjo & Rekan (d.h KAP Jojo Sunarjo, Ruchiat & Arifin) didirikan sesuai dengan Surat Ijin Usaha Kantor Akuntan Publik dari Menteri Keuangan Nomor : KEP-440/KM.1/2013 tanggal 19 Juni 2013. Berkantor Pusat di Gedung Dewan Pers Lantai 5 Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta Pusat - 10110, Telepon / fax (021) 3506192 dan (021) 29054243, Email relationjsr@gmail.com / kap.jojosunarjo@gmail.com. Saat ini telah memiliki cabang di Bandung sesuai dengan Surat Ijin Usaha Kantor Akuntan Publik dari Menteri Keuangan Nomor : KEP-439/KM.1/2013 tanggal 19 Juni 2013. Pimpinan KAP Jojo Sunarjo & Rekan (KAP JSR) selaku managing partner adalah Ridwan Saleh, M.Ak.,CA.,CPA, dibantu dua orang partner yang berdomisili di Jakarta yaitu Drs. Jojo Sunarjo, Ak.,MM.,CPA dan Ardian Trihartadi, Ak.,MM., CA.,CPA serta partner sekaligus pimpinan cabang Bandung adalah Zainal Arifin, Ak.,MM.,CPA. Selain itu KAP JSR memiliki seorang partner non akuntan publik yang berdomisili di Ujung Pandang yaitu Imsan Muhaimin, SE., Msi, Ak. KAP Jojo Sunarjo & Rekan (KAP JSR) terdaftar sebagai KAP/Auditor Bank Umum yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia melalui Surat Nomor : 15/149/DPIP/DDIP tanggal 29 Juli 2013 dan menjadi Rekanan di Bank Mandiri melalui surat Nomor DSB.R06/3255/2016 tanggal 25 Juli 2016 serta menjadi rekanan di Bank Syariah Mandiri sesuai surat Penetapan Sebagai Rekanan Akuntan Publik No. 15/440-3/OPD tanggal 25 April 2013. Selain itu KAP JSR juga terdaftar di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK – RI) berdasarkan Surat Tanda Terdaftar Nomor 259/STT/XI/2015 tanggal 11 November 2015.

    2
JENIS PELAYANAN JASA

Dengan tersedianya tenaga-tenaga profesional yang telah berpengalaman, maka kami bersedia dan mampu memberikan beberapa jenis pelayanan jasa yang meliputi :

  1. Pemeriksaan umum (general audit), Pemeriksaan yang dilakukan oleh akuntan publik terhadap laporan keuangan perusahaan, yang meliputi neraca, perhitungan laba (rugi), ikhtisar laba ditahan dan ikhtisar perubahan posisi keuangan kewajaran laporan keuangan secara keseluruhan.
    Pemeriksaan umum diperlukan antara lain untuk keperluan :
    1. Laporan pertanggungjawaban dari pimpinan perusahaan (management) kepada Dewan Komisaris dan Rapat Umum Pemegang Saham.
    2. Persyaratan memperoleh fasilitas kredit dari bank atau lembaga keuangan non bank.
    3. Persyaratan memperoleh ijin menjual saham kepada masyarakat.
    4. Penilaian laporan pertanggungjawaban keuangan dari anak perusahaan kepada induk perusahaan atau dari kantor cabang kepada kantor pusat.
    5. Laporan keuangan untuk kepentingan merger atau joint venture untuk kepentingan perpajakan.
  2. Pemeriksaan khusus (investigation), Pemeriksaan khusus (investigation) dilakukan atas permintaan perusahaan untuk memeriksa kejadian-kejadian khusus, yang meliputi antara lain :
    1. Masalah pembelian.
    2. Menemukan kecurangan atau penggelapan.
    3. Masalah perluasan usaha.
    4. Masalah struktur permodalan perusahaan.
    5. Masalah kalkulasi harga pokok.
    6. Masalah persediaan.
    7. dan lain-lain.
  3. Pemeriksaan pengelolaan (management audit), Merupakan evaluasi secara bebas, selektif dan analitis terhadap suatu program, kegiatan atau fungsi dalam manajemen untuk memberikan saran atau informasi penting demi terselenggaranya pelaksanaan manajemen yang sehat, efektif dan efisien.
    Pemeriksaan manajemen meliputi ruang lingkup antara lain :
    1. Menilai apakah sistem akuntansi dan pelaporan sudah cukup memadai.
    2. Menilai apakah kegiatan operasi perusahaan sudah berjalan secara efektif dan efisien.
    3. Menilai apakah cara-cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu telah dilaksanakan dengan biaya yang efisien.
    4. Menilai efektifitas kerja, saluran distribusi, serta efektifitas pemasaran.
    5. Menilai efisiensi perusahaan, baik intern maupun dalam perbandingannya dengan perusahaan pesaing atau dengan rata-rata perusahaan yang sejenis.
  4. Penyusunan sistem akuntansi (accounting system design), Yang dimaksud dengan sistem akuntansi adalah semua alat bantu manajemen yang dapat dipergunakan untuk mengidentifikasi, mengumpulkan, mengklasifikasi, melaporkan dan menafsirkan informasi mengenai transaksi perusahaan secara efektif dan efisien, agar dapat menjamin keamanan harta milik perusahaan serta dapat dilaksanakannya kebijakan-kebijakan perusahaan yang telah ditetapkan.
    Ruang lingkup penyusunan sistem akuntansi meliputi :
    1. Penilaian dan penyusunan fungsi-fungsi dalam organisasi perusahaan yang dapat dipertanggungjawabkan ditinjau dari segi pengawasan intern (internal control).
    2. Penyusunan sistem dan prosedur berbagai fungsi dalam organisasi perusahaan yang meliputi : sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas; pembelian dan pengeluaran kas; persediaan; produksi; pembayaran gaji dan upah; hubungan antara anak perusahaan dengan induk perusahaan; hubungan kantor cabang dengan kantor pusat; dan sebagainya.
    3. Penyusunan pedoman akuntansi umum (general accounting manual).
    4. Penyusunan pedoman akuntansi biaya (cost accounting manual).
    5. Penyusunan pedoman klasifikasi rekening dan kode rekening.
    6. Merancang bentuk dan isi formulir, buku besar, buku bantu, serta bentuk dan isi laporan keuangan, laporan produksi dan laporan lainnya.
  5. Penyusunan anggaran dan penyusunan sistem anggaran, Pelayanan jasa ini meliputi penyusunan rencana seluruh kegiatan perusahaan dalam jangka waktu tertentu dalam bentuk kuantitatif.
    Bentuk pelayanan jasa ini meliputi :
    1. Penyusunan anggaran perusahaan (budget preparation), baik untuk perencanaan jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.
    2. Penyusunan anggaran perusahaan untuk kegiatan khusus.
    3. Memfungsionalkan anggaran perusahaan sebagai alat pengendalian biaya (budgetary control).
  6. Jasa administrasi (clerical service), Bantuan jasa akuntansi (clerical service) mencakup pembuatan buku-buku atau catatan-catatan yang perlu dimiliki perusahaan serta membimbing melakukan pembukuan sehingga dapat disusun laporan keuangan yang sesuai dengan Prinsip Akuntansi Indonesia.
    Pelayanan jasa ini meliputi :
    1. Mengatur dokumen dan bukti-bukti transaksi untuk diarsipkan dengan baik, serta mempersiapkan buku-buku yang diperlukan untuk mencatat transaksi-transaksi perusahaan.
    2. Membantu melakukan pembukuan sampai dengan penyusunan laporan keuangan perusahaan secara manual atau dengan komputer.
  7. Studi kelayakan (feasibility study), Pelayanan jasa study kelayakan (feasibility study) mencakup kegiatan analisis dan evaluasi terhadap suatu rencana kegiatan atau proyek, yang meliputi aspek-aspek organisasi dan manajemen, pemasaran, teknis, keuangan dan ekonomi, dengan tujuan untuk dapat memberikan rekomendasi mengenai kelayakan suatu proyek. Hasil study kelayakan dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan apakah suatu rencana kegiatan atau proyek dapat dipertanggungjawabkan secara ekonomis untuk masa sekarang dan yang akan datang.
    Study kelayakan pada umumnya diperlukan dalam rangka :
    1. Membangun suatu proyek baru atau perluasan proyek yang telah ada.
    2. Memperoleh fasilitas kredit dari bank atau lembaga keuangan non bank.
    3. Sebagai salah satu persyaratan memperoleh ijin investasi dari Badan Koordinasi Penanaman Modal, baik dalam rangka Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun Penanaman Modal Asing (PMA).
    4. Penilaian (valuation) dari perusahaan.
  8. Konsultasi manajemen dan perpajakan (management and tax consulting), Kegiatan bidang ini meliputi pelayanan jasa berupa pemberian saran atau nasihat dibidang manajemen dan perpajakan yang mencakup masalah keuangan dan akuntansi, produksi, pemasaran, pengelolaan persediaan, serta saran dan nasihat yang menyangkut perpajakan, termasuk cara-cara pengisian Surat Pemberitahuan Pajak (SPT), neraca fiskal serta pengurusannya.
    Pembuatan tax planning meliputi design/bentuk transaksi, flow of documents untuk mengoptimalkan dan menyederhanakan alur transaksi dan beban pajaknya (tax efficiency).
    Jasa perpajakan juga meliputi penyiapan data-data yang layak diberikan sehubungan dengan pemeriksaan yang dilakukan oleh fiskus, sosialisasi dan updating peraturan / ketentuan perpajakan yang berdampak langsung maupun terhadap kewajiban perpajakan perusahaan.
    Disamping itu penyelesaian permasalahan perpajakan yang meliputi proses sejak pengajuan keberatan sampai dengan banding ke Pengadilan Pajak. Jasa perpajakan yang dapat kami lakukan pada proses banding meliputi penyiapan materi banding dan ikut serta dalam proses persidangan tersebut.

Why choose us

Since 1962, our firm has been dedicated to delivering exceptional asset management for our institutional, retail, and high-net-worth clients. We consistently spend all efforts in assuring.

We consistently spend all efforts in assuring investment efficiency viaabnm research competen, professionalism, integrity with our strong commitment to respect business culture, and responsibility.

2500
Individual Investors
4764
Commissionable Trades
2280
Brokerage Accounts
5100
Customer Assets

what we done?

How does America score?

Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor dunt ut labore et dolore magna aliqua. Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor duntut.

Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor dunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris.Consecur pisicing elit, sed do eiusmod tempor dunt ut labore.

How does America score?
  • Etiam id ultricies ligula. Phasellus molestie eget.

  • Etiam id ultricies ligula. Phasellus molestie eget.

  • Etiam id ultricies ligula. Phasellus molestie eget.

  • Etiam id ultricies ligula. Phasellus molestie eget.

  • Etiam id ultricies ligula. Phasellus molestie eget.

How does America score?
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor dunt ut labore et dolore magna aliqua. Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor dunt ut labore.